Senin (20/11) dilaksanakan apel pagi pada lingkungan Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan Setda DIY dengan pemimpin apel Ibu Rokhani Yuliyanti, S.H., selaku Kepala Bagian Pembiayaan Pembangunan Non Pemerintah. Dalam kesempatan apel pagi tersebut disampaikan arahan terkait dengan upaya pencegahan penggunaan narkotika pada lingkungan keluarga dan masyarakat. Sebagai seorang ASN, yang dalam kehidupan sehari-hari berada di kantor dan jauh dari keluarga tentu menjadi tantangan dalam mengasuh anak. Kita dapat memantu anak dari jauh atau hanya ketika sudah di rumah, di separuh waktu anak berada di luar jangkauan orang tua. Ketika anak memasuki usia remaja tentu rasa keingin-tahuan mereka tumbuh pesat dan rasa penasaran sangat tinggi, saat itulah orang tua harus waspada dan mengawasi lebih ketat terhadap anak. Bahaya narkotika saat ini telah menjangkau usia produktif dimulai dari bangku sekolah, sehingga sedini mungkin kita harus memberikan pengertian dan menjalin hubungan yang baik dengan anak.

Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anak mengenal dan penasaran terhadap narkotika antara lain:

  • Membangun komunikasi yang baik dengan anak, komunikasi merupakan pintu utama dalam menjaga hubungan keterbukaan dengan anak. Keterbukaan antara anak dengan orang tua akan memudahkan dalam pemberian pemahaman dan pengertian terhadap hal yang baik-buruk, boleh-tidak boleh, maupun mempererat ikatan batin/emosional dengan anak.
  • Membekali anak dengan dasar agama yang kuat, agama merupakan dasar keimanan yang dimiliki oleh setiap orang. Semakin kuat iman maka semakin kuat keteguhan yang dipegang. Membekali dasar agama pada anak sejak dini maka keimanan yang ia miliki akan semakin kuat seiring usianya bertambah. Dengan dasar keimanan tersebut anak akan mengetahui mana hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan oleh agama, salah satunya adalah dampak dari penggunaan narkotika yang dapat menghancurkan hidupnya.
  • Melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitarnya, sebagai orang tua yang bekerja tentu pengawasan tidak dapat dilakukan setiap waktu. Maka, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui dan mengawasi lingkungan dimana ia tumbuh dan berkembang. Mengenalkan dengan lingkungan yang baik tentu akan membuat anak tumbuh dengan baik, begitu pula dengan sebaliknya. Sudah seharusnya sebagai orang tua kita harus ngarahkan dan mengawasi lingkungan dimana anak kita akan tumbuh dan berkembang.
Nov 20, 2023 - Posted by admin -

Comments are closed.